Bagi yang memiliki hobi fotografi tentu sangat familiar dengan sosial media Instagram. Instagram memiliki lebih dari 700 juta pengguna dan bisa menarik perhatian masyarakat di seluruh dunia. Bisa dikatakan bahwa Instagram merupakan media sosial yang identik dengan anak muda tetapi kini media sosial tersebut bisa dijadikan sebagai instrumen untuk promosi suatu bisnis dengan cara yang sangat jitu. Bahkan tidak sedikit para pengguna akun Instagram yang melakukan berbagai cara untuk bisa meningkatkan jumlah followers dan like. Namun tidak sedikit orang yang merasa tidak puas dengan melakukan cara untuk meningkatkan followers dan like.

Media sosial Instagram dijadikan sebagai alat promosi tentu bukan tanpa alasan. Instagram adalah media sosial yang terpopuler di mana ada kurang lebih 60 juta foto yang dibagikan setiap harinya. Bisa dikatakan bahwa pengguna Instagram jauh lebih banyak dan lebih sering membuka aplikasi tersebut dibandingkan dengan social media lainnya seperti halnya Facebook dan Twitter. Banyak orang yang menggunakan Instagram sebagai alat promosi sehingga jika ingin lebih efisien maka perlu memiliki followers dan like yang signifikan.

Bagi para pengguna Instagram yang ingin meningkatkan jumlah followers dan likes maka bisa mengetahui beberapa tips berikut ini.

1. Sinkronisasi dengan media sosial lainnya

Cara ini merupakan cara mudah yang sering dilakukan oleh para pengguna Instagram. Dengan mempromosikan akun Instagram pada media sosial lainnya tentu akan lebih banyak yang mengetahui akun Instagram dan memfollow akun Instagram tersebut. Karena ada kemungkinan jumlah follower pada media sosial lain sudah banyak sehingga hal tersebut menjadi kesempatan untuk bisa mempromosikan akun Instagram.

2. Membuat profil yang mudah dicari

Bagi para pengguna media sosial Instagram terutama yang bertujuan untuk mempromosikan produk maka usahakan membuat profil yang mudah dicari dan menyertakan biografi yang jelas. Akan lebih baik lagi jika bisa memberikan tautan pada situs atau media sosial lain di bagian biografi. Buatlah profil yang semenarik mungkin sehingga membantu para pengguna untuk mengetahui siapa pemilik akun Instagram tersebut. Gunakanlah foto sendiri atau produk yang menarik sehingga pengguna akan mudah untuk melihat foto profil dan mengunjungi situs. Baca Juga : Cara Mengatasi Notifikasi WhatsApp Tidak Muncul.

3. Menggunakan hashtag yang sesuai

Penggunaan fitur hashtag dipopulerkan di Twitter dan merupakan senjata yang bisa digunakan untuk meningkatkan followers. Instagram juga memiliki fitur pencarian hashtag yang bisa memudahkan setiap orang melakukan pencarian hashtag yang sedang populer atau sesuai dengan bisnis. Hestek/hashtag ini berfungsi untuk membantu kiriman dilihat oleh para pengguna yang pada dasarnya belum mengikuti akun tapi sedang mencari foto yang terkait dengan bisnis atau postingan. Selain itu juga bisa menggunakan hashtag sendiri yang memotivasi atau yang mencerminkan brand.

4. Memasang foto konsisten di waktu yang tepat

Jika foto yang akan dipasang merupakan kota terbaik dan sudah melalui proses edit tetapi ternyata diposting di waktu yang tidak tepat maka mengurangi kesempatan untuk mendapatkan banyak followers dan likes. Biasanya orang akan lebih sering akses sosial media di jam istirahat atau jam bebas kerja. Untuk itu maka lebih baik gunakan strategi terkait dengan waktu upload atau posting foto.

5. Kreasikan Instagram menarik secara visual

Instagram adalah aplikasi yang sengaja di desain untuk bisa menarik perhatian dari segi visual. Jika ingin menarik perhatian banyak orang maka perlu membuat strategi untuk menentukan gaya visual yang bagus. Selain itu juga penting untuk menuliskan caption yang sesuai dengan gambar. Akan lebih baik jika menggunakan filter yang konsisten sehingga tidak membosankan. Jika mempromosikan suatu produk melalui media sosial Instagram maka buatlah gaya visual yang membuat produk tersebut mudah diingat.

6. Bekerjasama dengan influencer

Jika ingin meningkatkan jumlah followers dan like pada akun Instagram maka akan lebih baik jika bekerja sama dengan influencer. Influencer merupakan orang populer atau terkenal yang sudah memiliki banyak pengikut dan biasanya memberikan pengaruh besar kepada para pengguna Instagram. Cara ini cukup efektif karena influencer bisa memperkenalkan akun Instagram kepada para followersnya sehingga Akun tersebut akan lebih mudah untuk dikenal. Apalagi jika terkait dengan bisnis maka cara ini sangat direkomendasikan untuk dicoba sehingga produk yang ditawarkan bisa dikenal oleh banyak orang.

7. Gunakan fitur Instagram Stories

Instagram memiliki cukup banyak fitur yang menarik salah satunya adalah Instagram Stories atau sering disebut dengan instastory. Untuk bisa meningkatkan jumlah followers dan memperkenalkan suatu produk maka bisa melalui Insta Story dan live video sehingga para followers bisa melihatnya dan bisa meneruskan kepada followers nya yang lain. Pada instastory bisa ditampilkan klik gambar dan hal ini merupakan strategi yang cukup baik untuk bisa memperkenalkan sesuatu.

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan jumlah followers pada media sosial Instagram. Followers merupakan sesuatu yang sangat penting terutama bagi orang-orang yang menjalankan bisnis dengan melalui sosial media.